Senin, 12 Januari 2015

BELAJAR MANDIRI DI KOTA ORANG : KERJA PARUH WAKTU (OPINI MAHASISWA)

KERJA PARUH WAKTU.

Apa yang kamu pikirkan setelah melihat kata-kata di atas ? Pasti untuk kalian yang belum merasakan tinggal jauh dari orang tua karena tuntutan pendidikan, hal tersebut sangatlah asing. Orang tua pun (apalagi yang memiliki pemikiran kolot) pastinya tidak memperbolehkan anak-anaknya kerja paruh waktu karena dirasa masih bisa membiayai anak-anaknya.

Menurut saya pribadi, sebagai perantau yang harus menempuh pendidikan di kota orang, kerja paruh waktu sangatlah penting. Mengapa ? Hal tersebut membantu saya untuk bisa lebih mandiri dan mengenal bagaimana lelahnya orangtua kita membanting tulang untuk menafkahi kita. Kerja paruh waktu memang saya rasakan manfaatnya sangat besar sekali bagi saya untuk tidak boros pada uang dan juga lebih menghargai apa yang telah saya terima dari orang tua saya.

Lebih jauh lagi, kerja paruh waktu membuat saya lebih mandiri. Mengapa ? Karena saya dituntut untuk membagi waktu antara belajar dan bekerja. Hal tersebut sangatlah sulit, mengingat apapun yang kita lakukan setelah merantau adalah serba sendiri. Saya dituntut untuk lebih menghargai waktu dan disiplin dengan waktu. Terkadang hal tersebut membuat saya jengah, karena sebagai mahasiswa juga saya dikejar oleh tugas-tugas dari kampus. Disinilah saya belajar menghargai waktu saya sesedikit apapun waktu yang saya punya setelah bekerja paruh waktu. Sebisa mungkin saya harus menyempatkan belajar dan mengerjakan tugas yang telah dosen berikan.

Kelebihan lain yang saya dapat sewaktu kerja paruh waktu adalah saya merasakan pressure yang sewaktu bekerja. Motivasi bekerja dituntut lebih dan itu yang akan saya dapat ketika saya bekerja sebagai profesional nanti, jadi saya sudah mengetahui lebih dahulu bagaimana tekanan dalam bekerja itu bisa mendorong semangat kita untuk bekerja lebih dan lebih giat lagi. Jadi, untuk teman-teman perantau, jangan takut untuk mengikuti kerja paruh waktu dan belajar mandiri di kota orang :) Akan tetapi jangan juga lupa akan tujuan utama kita ada di kota orang, yaitu menuntut ilmu. Jangan sampai keteteran kuliah karena kerja paruh waktu. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar